Wednesday, November 2, 2016

Resep Cara Membuat Roti Maryam Empuk Sederhana

Roti Maryam Empuk - Roti maryam atau roti canai / cane adalah roti pipih yang merupakan salah satu kudapan yang awalnya berasal dari timur tengah. Di daerah asalnya, roti ini juga merupakan makanan pokok disamping sebagai kudapan.

Resep Cara Membuat Roti Maryam Empuk Sederhana

Roti maryam memiliki tekstur yang empuk dan kenyal dengan rasa yang gurih. Cocok untuk disajikan bersama kari atau sebagai kudapan yang disajikan dengan topping manis.
Untuk mendapatkan tekstur dengan kekenyalan yang tahan lama (meskipun roti maryam sudah dingin), adonan direndam dalam minyak goreng. Lama waktu perendaman adonan adalah minimal 2 jam. Lebih lama waktu perendaman maka adonan semakin bagus.

Bahan Resep Roti Maryam Empuk

  1. 250 gr tepung terigu serbaguna
  2. 50 gr susu bubuk
  3. 1 btr telur
  4. 250 ml air (atau secukupnya)
  5. 2 sdm margarin
  6. 2 sdm minyak goreng
  7. minyak goreng secukupnya untuk merendam adonan

Cara Membuat Roti Maryam Sederhana

  1. Campurkan tepung terigu dengan susu bubuk, aduk rata.
  2. Masukkan margarin, minyak goreng dan telur, aduk menggunakan tangan. Tuangkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan kalis dan tidak lengket di tangan. Tekstur adonan yang ideal adalah lentur/lembut namun tidak lembek. Sesuaikan saja kadar airnya sehingga adonantidak keras namun juga tidak lembek.
  3. Bagilah adonan menjadi bulatan-bulatan yang sama besar. Untuk takaran resep kita kali ini, adonan bisa dibagi menjadi 8-12 bulatan. Tergantung ukurannya, sesuaikan saja dengan selera.
  4. Rendam bulatan adonan dalam minyak goreng. Lama perendaman minimal 2 jam, lebih lama sebih bagus.
  5. Setelah waktu perendaman cukup, keluarkan adonan dari minyak.
  6. Tarik adonan sambil digeleng-geleng menggunakan telapak tangan sehingga adonan yang tadinya bulat menjadi berbentuk memanjang, seperti sosis namun lebih pajang.
  7. Gulung kedua ujung adonan ke arah yang berbeda. Kurang lebih membentuk seperti huruf 'S' (lihat gambar diatas).
  8. Tumpuk kedua gulungan. Diamkan lagi gulungan adonan selama kurang lebih satu jam sambil ditutup menggunakan plastik atau serbet bersih yang dibasahi.
  9. Setelah waktu cukup, ambil adonan kemudian pipihkan mengunakan roll kayu. Bisa juga menggunakan telapak tangan secara manual, sesuaikan saja.
  10. Panggang adonan diatas pan anti lengket hingga matang dan berwarna kecoklatan.
  11. Sajikan roti maryam dengan kari atau topping manis sesuai selera.


Sumber: resepmasakanjawa13.blogspot.com

Resep Cara Membuat Roti Maryam Empuk Sederhana Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tania Permata

 

Top