Wednesday, November 2, 2016

Resep Cara Membuat Tape Singkong Manis dan Lembut

Tape Singkong Manis Lembut - Tape singkong atau peuyeum adalah salah satu olahan singkong yang cukup populer. Di daerah Jawa barat, tape singkong lazim disebut sebagai peuyeum Bandung.

Tape singkong yang bagus memiliki tekstur yang empuk dan lembut, tidak keras dan juga tidak lembek/benyek. Berasa manis dengan aroma wangi tape yang kuat. Untuk membuatnya, diperlukan tehnik yang tepat dan bahan yang berkualitas.

http://bukaresepmasakan.blogspot.com/
Resep Cara Membuat Tape Singkong Manis dan Lembut

Untuk mendapatkan tape singkong yang bagus, Pilihlah singkong yang masih segar. Jika membeli dari penjual di pasar, pilihlah singkong yang tanahnya masih menempel. Pilih ukuran yang sedang saja, karena yang ukuran besar biasanya memiliki tulang.

Untuk memudahkan, kalian bisa mengikuti langkah-langkah cara membuat tape singkong manis dan lembut berikut ini. Simak juga daftar bahan yang kita perlukan untuk resep tape singkong manis kita kali ini

Bahan Resep Tape Singkong Manis Lembut

  1. 1 btr ragi tape
  2. 1 kg singkong muda
  3. daun pisang untuk pembungkus secukupnya

Cara Membuat Tape Singkong Manis dan Lembut

  1. Sebagai langkah pertama, kupas singkong kemudian bersihkan dengan cara mencucinya. Agar hasil tape bisa lebih maksimal, kerik permukaan singkong yang telah dikupas sehingga lapisan licin di permukaannya hilang. Cuci kembali hingga bersih.
  2. Potong-potong singkong sesuai dengan selera. Jika menginginkan tape singkong utuh, kalian harus punya wadah yang cukup besar sehingga bisa muat beberapa singkong utuh didalamnya.
  3. Kukus singkong hingga matang dan empuk. Setelah matang kemudian angkat dan pindahkan ke wadah. Biarkan hingga singkong dingin.
  4. Hancurkan ragi tape hingga menjadi serbuk. Taburkan serbuk ragi pada singkong kukus yang sudah dingin kemudian aduk dengan cara menggoyang-goyangkan wadahnya sehingga ragi bisa menempel di permukaan singkong. "Perlu Diperhatikan", usahakan untuk tidak menyentuh singkong secara langsung menggunakan tangan pada saat singkong diangkat dari kukusan, penaburan ragi hingga pembungkusan. Gunakan sarung tangan atau garpu untuk memindahkan singkong. Kontaminasi bahan asing seperti keringat atau bahan lainnya bisa membuat tape menjadi kurang bagus seperti licin, berasa sedikit asam bahkan benyek.
  5. Setelah semua singkong ditaburi ragi, singkong siap 'dipeuyeum'. Bungkuslah singkong menggunakan daun pisang. Selain itu, kita bisa menggunakan toples, bakul atau baskom untuk menaruh singkong. Alasi dan tutup dengan daun pisang untuk mempercepat fermentasi.
  6. Diamkan singkong selama 2 hari 2 malam. Setelah itu, cek apakah tape sudah jadi dengan cara menusuknya atau memencetnya menggunakan tangan. Jika singkong sudah menjadi lunak, berarti tape sudah jadi/matang.


 Sumber: resepkoki.co

Resep Cara Membuat Tape Singkong Manis dan Lembut Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tania Permata

 

Top